Tempat Wisata Terindah di berbagai daerah Indonesia yang wajib dikunjungi

12 Tempat Wisata di Kabupaten Kendal yang Paling Menarik

12 Tempat Wisata di Kabupaten Kendal yang Paling Menarik, Tempat Wisata Terindah - Kendal adalah nama sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Tengah. Kabupaten Kendal berbatasan langsung dengan Kota Semarang, sehingga Kota Kendal banyak disebut sebagai salah satu Kota Satelit dari Kota Semarang. Kabupaten Kendal berbatasan langsung dengan Laut Jawa di utara, berbatasan dengan Kota Semarang di sebelah timur, berbatasan dengan Kabupaten Semarang dan Kabupaten Temanggung di sebelah selatan dan berbatasan dengan Kabupaten Batang di sebelah Barat. Karena berbatasan dengan Laut maka ada beberapa wlayah yang berupa pantai, dan beberapa diantaranya dijadikan sebagai tempat wisata yang sangat potensial. Selain digunakan sebagai wisata, beberapa pantai di Kabupaten Kendal juga dimanfaatkan masyarakat Kendal untuk melaut mencari ikan. Di Kabupaten Kendal sering diadakan acara sedekah laut yang dilaksanakan warga sekitar pantai agar hasil melaut mereka senantiasa melimpah.

Dalam artikel ini akan kami bahas tentang 12 Tempat Wisata di Kabupaten Kendal yang Paling Menarik untuk dikunjungi sebagai alternatif menghabiskan musim liburan bersama anggota keluarga. Berikut adalah Obyek wisata pilihan yang ada di Kabupaten Kendal.

1. The Sea Pantai Cahaya

Wisata Kendal The Sea Pantai Cahaya merupakan sebuah tempat wisata yang didalamnya terdapat berbagai macam permainan anak, taman rekreasi pantai, pentas hiburan lumba-lumba, kolam waterpark, panggung hiburan keluarga, hutan wanawisata dan kebun binatang mini. Lokasi dari The Sea Pantai Cahaya sendiri adalah di Desa Sendang Sikucing, Kecamatan Rowosari, Kabupaten Kendal. Jadi The Sea Pantai Cahaya menawarkan wisata yag sangat lengkap, karena di tempat wisata ini anda dapat menikmati indahnya pantai dari gazebo yang dibangun di bibir pantai, juga dapat menikmati wahana permainan anak yang pasti seru dan sangat diminati anak-anak kita.

2. Agro Wisata Ngebruk Patean

Tempat Wisata di Kendal Agro Wisata Ngebruk Patean memiliki berbagai nama yang sudah banyak dikenal masyarakat, yaitu Agro Wisata Ngebruk Patean, Plantera Fruit Paradise Ngebruk, atau Agro Wisata Kebun Ngebruk. Seperti namanya, di Agro Wisata Ngebruk Patean terdapat sebuah perkebunan yang membudidayakan berbagai macam buah-buahan tropis berkualitas unggul. Selain untuk menghasilkan buah-buahan yang unggul, di perkebunan ini dibuka juga untuk umum sebagai tempat wisata. Untuk mempermudah pengunjung dalam melihat-lihat perkebunan maka disediakan pula sebuah mobil wisata yang siap mengantarkan keliling ke perkebunan yang luasnya mencapai 234 hektar. Ada berbagai macam buah yang dibudidayakan disini, diantaranya adalah durian montong yang besar dan harum, kelengkeng itoh yang legit, buah naga, rambutan, sirkaya, melon, semangka sampai jagung. Agro Wisata Ngebruk Patean merupakan sebuah wisata yang menarik, bisa dijadikan sebagai salah satu pembelajaran bagi putra-putri atau murid kita tentang berbagai macam budidaya tanaman buah.

3. Pantai Ngebum

Obyek wisata Pantai Ngebum di Kendal ini memiliki kesamaan nama dengan Pantai Ngebum yang ada di Kota Pekalongan. Pantai Ngebum terdapat di Desa Mororejo, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Pantai ini memiliki pemandangan yang indah, yaitu dengan pasir pantai yang kecoklatan serta nyaman untuk digunakan berenang. Di pinggir pantai terdapat banyak orang yeng menyewakan pelampung untuk putra-putri kita. Namun tetap saja harus berhati-hati ya, jangan sampai berenang di pantai terlalu kedalam karena akan berbahaya.

4. Pemandian Air Panas Citra Asri Gonoharjo

Tujuan Wisata Pemandian Air Panas Gonoharjo di Kendal merupakan salah satu wisata alam yang digemari di Kabupaten Kendal. Wisata Pemandian Air Panas Gonoharjo ini juga dikenal dengan sebutan Gonoharjo Hot Spring Water. Seperti yang jelas tertera pada namanya, di obyek pemandian ini terdapat sebuah sumber mata air panas dan juga kolam air panas. Lokasi pemandian ini jauh di tengah hutan dan dikelilingi pepohonan yang sangat sejuk. Lokasi pemandian Gonoharjo sendiri terdapat di Desa Gonoharjo, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal. Pemandian Air Panas Citra Asri merupakan tempat wisata yag sudah tidak asing lagi bagi warga Semarang dan sekitarnya. Pemandian Air Panas Citra Asri  dapat ditempuh dengan menyusuri jalur Semarang-Boja. Di Pemandian Air Panas Citra Asri  sudah dibangun berbagai macam fasilitas pendukung seperti kolam renang, pemancingan, berbagai macam villa, Tempat parkir, kolam renang air dingin, kolam renang air panas, MCK, Kebun binatang mini, camping ground, tempat mainan anak-anak, rumah makan, kolam pemancingan, taman bunga, arena outbond tempat penginapan.

5. Perkebunan Teh Medini

Bagi warga Semarang, Kendal dan sekitarnya untuk menikmati Kebun Teh tidak usah jauh-jauh ke Puncak Bogor, karena di Kabupaten Kendal terdapat sebuah perkebunan  teh dengan pemandangan yang tak kalah jauh dengan Kebun Teh di Bogor yaitu Kebun Teh Medini. Kebun Teh Medini terletak di lereng Gunung Ungaran sebelah utara, tepatnya beralamat di Desa Ngesrepbalong, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Kebun Teh Medini banyak dikunjungi oleh wisatawan yang ingin menikmati pemandangan hijaunya kebun teh serta suasana perkebunan yang sangat sejuk.

6. Pantai Jomblom

Selain Pantai Ngebum yang terkenal, di Kabupaten Kendal juga terdapat tempat wisata pantai lainnya yaitu Pantai Jomblom. Pantai Jomblom ini ramai dikunjungi wisatawan terutama pada saat hari Minggu dan liburan sekolah. Di Pantai Jomblom Kendal ini anda dapat melihat rimbunnya tanaman mangrove atau bakau yang digunakan untuk menghalau ombak yang lumayan besar. Selain melihat pemandangan yang indah, pengunjung juga dapat memancing ikan di tepi pantai. Jika anda tertarik berkunjung ke Pantai Jomblom ini, anda dapat mengunjunginya di alamat Desa Margorejo Kecamatan Cepiring Kabupaten Kendal.

7. Curug Semawur

Wisata Kendal selanjutnya adalah Curug Semawur atau juga dikenal dengan sebutan air terjun Semawur. Air Terjun Semawur ini terletak di perbatasan Kabupaten endal dan Kabypaten Batang, atau tepatnya di Dusun Jiwan Desa Blumah Kecamatan Plantungan Kabupaten Kendal. Air Terjun Semawur memang belum banyak diketahui oleh para wisatawan. Umumnya pengunjung adalah orang lokal Kabupaten Kendal sendiri, disamping memang belum banyak diprmosikan, lokasinya juga agak tersembunyi. Namun sebenarnya Air Terjun Semawur ini memiliki potensi yang sangat besar untuk menjadi tempat wisata unggulan Kabupaten Kendal. Air terjun ini terdiri dari 8 tingkat dengan air yang sangat jernih sehingga menghasailkan pemandangan yang sangat menawan.



8. Curug Penglebur Gongso

Tempat wisata alam di Kendal yang tak kalah indahnya adalah Curug Penglebur Gongso. Curug Penglebur Gongso terletak di Desa Gondang, Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal. Menurut kepercayaan dari warga sekitar, Curug Penglebur Gongso ini merupakan bekas pertapan dari tokoh peayangan Kumbokarno, yang merupakan adik dari Raja Alengka Rahwana. Raden Kumbakarna ini memang salah satu tokoh yang berwujud raksasa namun berhati ksatria. Dia berperang melawan Raden Rama bukan karena membela Rahwana namun karena benar-benar ingin membela tanah airnya. Di lokasi Curug Penglebur Gongso terdapat jejak kaki di bebatuan yang dipercaya sebagai jejak kaki Kumbakarna.

9. Curug Sewu

Satu lagi lokasi wisata di Kabupaten Kendal yang menyajikan keindahan alam yang sangat indah dan eksotis yaitu Curug Sewu. Curug Sewu ini terdapat di Desa Curug Sewu, Kecamatan Patean, Kabupaten Kendal, Provinsi Jawa Tengah. Curug Sewu di Kabupaten Kendal ini bisa dikatakan sebagai tempat wisata alam yang unikkarena di tempat ini terdapat sebuah curug atau air terjun dengan debit tertesar di jawa Tengah serta terdapat beberapa tingkat. Untuk memasuki area curug sendiri pengunjung perlu berjalan menyusuri jalur setapak, namun jaraknya tidak terlalu jauh. Di sekitar Curug Sewu sudah dibangun beberapa fasilitas pendukung seperti taman, kebun binatang mini, panggung hiburan dll.

10. Kampoeng Djowo Sekatul Limbangan

Kabupaten Kendal memang sangat kaya dengan tempat wisata alamnya. Di Kabupaten ini ada berbagai macam wisata alam yang sangat memanjakan bagi masyarakat yag mengharapkan hiburan. Salah satu wisata alam yang juga terbilang unik adalah Desa Wisata Kampoeng Djowo Sekatul. Desa Wisata Kampoeng Djowo Sekatul Terletak di Desa Mergosari Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal. Wisata Kendal Kampoeng Djowo Sekatul ini menawarkan lokasi berlibur yang sangat atraktif, yaitu pengunjung disuguhi dengan suasana pedesaan yang sangat asri lengkap dengan beberapa rumah yang masih bernansa tradisional. Namun tak hanya itu, pengunjung juga dapat menikmati fasilitas pendukung lainnya misalnya berupa penginapan, out bond, bumi perkemahan, flying fox dll.

11. Wisata Tirta Nusantara

Salah satu tempat wisata keluarga yang ramai dikunjungi terutama saat liburan adalah Wisata Tirta Nusantara. Secara administratif Wisata Tirta Nusantara masuk dalam wilayah Kabupaten Kendal, meskipun dilihat dari kedekatan geografisnya, Wisata Tirta Nusantara lebih dekat dengan Kota Semarang. Wisata Tirta Nusantara ini berbatasan langsung dengan Kecamatan Mijen, Kota Semarang. Area Wisata Tirta Nusatara adalah seluas 8,5 hektar dimana telah dibangun berbagai macam fasilitas yang sangat menarik bagi wisatawan seperti pemancingan, resto, waterboom, kolam renang dll.

12. Agrowisata Tirto Arum Baru

Satu lagi arena bermain yang terdapat di Kabupaten Kendal, yaitu Agrowisata Tirto Arum Baru. Agrowisata Tirto Arum Baru menawarkan berbagai macam fasilitas yang tentunya sangat menarik untuk dinikmati terutama bagi anda yang berniat mengajak keluarga berlibur atau rombongan kantor yang ingin berwisata dan berelaksasi dari rutinitas kerja yang sangat melelahkan. Agrowisata Tirto Arum Baru terdapat di Jl. Soekarno Hatta KM 2,7 Kota Kendal atau di tepi jalan raya Semarang - Jakarta. Ada berbagai macam fasilitas yang ada di agrowisata Tirto Arum Baru Kendal ini, diantaranya adalah  kolam renang ukuran besar, resto dengan lesehan-lesehannya, tempat pemancingan, hotel dengan kelengkapan kamar barak untuk group, fasilitas outbound termasuk rakit, wahana permainan di sawah berlumpur, flying fox, arena futsal dan bola volli, ruang pertemuan terbuka dan tertutup, arena atv, kebun binatang mini dan juga jalan pijat refleksi.

Demikian tadi sekilas tentang 12 Tempat Wisata di Kabupaten Kendal yang Paling Menarik. Lokasi Kabupaten Kendal yang berdekatan dengan kota Semarang menjadikan Kabupaten ini menjadi salah satu tujuan wisata bagi warga masyarakat Kota Semarang. Seperti kita ketahui bahwa Kota Semarang sangat minim dalam hal wisata alam, dan Kabupaten Kendal dapat menyediakannya dan dapat memanjakan wisatawan dari Kota Semarang dan sekitarnya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 12 Tempat Wisata di Kabupaten Kendal yang Paling Menarik