Tempat Wisata Terindah di berbagai daerah Indonesia yang wajib dikunjungi

8 Tempat Wisata di Kota Salatiga Paling Menarik Dikunjungi

8 Tempat Wisata di Kota Salatiga yang Paling Menarik, Tempat Wisata Terindah - Kota Salatiga merupakan sebuah kota yang terdapat di Provinsi Jawa Tengah. Kota Salatiga ini terdapat diantara Kota Semarang dan Kota Surakarta. Oleh karena itu apabila menempuh perjalanan melintasi jalur jalan Solo-Semarang, pasti anda akan melintasi Kota Salatiga ini. Perlu anda ketahui bahwa Kota Salatige terhitung Kota dengan luas yang kecil yaitu hanya 5.678,110 hektar yang terbagi dalam 4 kecamatan. Kecamatan yang ada di Kota Salatiga yaitu Kecamatan Argomulyo, Tingkir, Sidomukti dan Kecamatan Sidorejo. Dengan sempitnya wilayah ini maka tak heran apabila tidak banyak tempat wisata yang terdapat di Kota Salatiga ini. Namun berdasarkan sumber resmi dari website Pemerintah Kota Salatiga, terdapat beberapa tempat wisata di Kota Salatiga dimana kami rangkum kembali menjadi 8 tempat wisata yang paling menarik. Berikut adalah 8 Tempat Wisata di Kota Salatiga yang Paling Menarik.


1. Wahana Air Atlantic Dreamland

Wahana Air Atlantic Dreamland merupakan sebuah tempat wisata keluarga yang terdapat di pusat Kota Salatiga. Atlantic Dreamland ini menawarkan berbagai macam wahana permainan air yang sangat cocok untuk anak-anak kita, meskipun banyak juga permainan yang dapat dinikmati oleh orang dewasa. Wahana permainan yag ada pun sangat bervariatif, tidak hanya permainan air, permainan darat juga banyak. Area permainan di Wisata Salatiga Atlantic Dreamland ini adalah sekitar 3,5 hektar dimana didalamnya terdapat sekitar 19 wahana permainan yang siap memanjakan anda dan seluruh anggota keluarga anda. Beberapa diantara wahana permainan yang ada di tempat wisata Atlantic Dreamland misalnya  kolam renang, water boom, water toys, bom-bom car, softplay, flying fox, circular track, mini coaster, carousel, balon loncat, water roller, theater 4D, ATV, kuda pony, battery car, becak mini, pirates ship, mini train, dan otoped. Jika anda berminat untuk pergi ke Atlantic Dreamland anda dapat datang lagsung ke Kota Salatiga kemudian datang ke alamat Jl.Soekarno-Hatta, Isep-isep, Salatiga - Jawa Tengah sedangkan nomor telephonnya Tel. (0298) 323014.

2. Agrowisata Salib Putih

Agrowisata Salib Putih merupakan salah satu tempat wisata yang terkenal di Salatiga. Di tempat ini menawarkan berbagai macam fasilitas yang menarik untuk dinikmati oleh keluarga. Selain penginapan dengan kapasitas sekitar 50 kamar, Agrowisata Salib Putih juga dapat digunakan sebagai tempat rekoleksi/retreat, pelatihan, outbond, maupun berbagai acara seminar. Banyak kegiatan-kegiatan instansi pemerintahan dan perusahaan yang diadakan di tempat ini, karena disamping fasilitasnya lengkap juga pemandangan di sekitar lokasi yang sangat indah. Dari Agrowisata Salib Putih ini anda dapat melihat rawa pening dari ketinggian, karena lokasi Agrowisata ini berada di lereng Gunung Merbabu. Letak Agrowisata Salib Putih sendiri berada di jalur Kota Salatiga-Kopeng km 4 Salatiga Jawa Tengah. Kami yakin akan sangat mudah bagi anda untuk menemukannya.

3. Kolam Renang Kalitaman

Kolam Renang Kalitaman yang berada di Kota Salatiga ini memiliki air yang sangat jernih sehingga banyak dimanfaatkan oleh warga untuk berenang terutama pada hari Minggu dan hari libur lainnya. Kolam renang Kalitaman sering juga dikenal dengan Kolam renang Kali Gedong dan merupakan kolam renang tertua di Salatiga. Sebagai sebuah tempat wisata memang Kolam renang Kalitaman ini masih minim fasilitas. Di tempat ini hanya terdapat Kolam renang saja, belum dibangun fasilitas lain misalnya permainan anak, sehingga saat ini warga yang datang hanya berasal dari Kota Salatiga sendiri yang ingin berenang. Namun apabila dikembangkan lebih serius bisa saja Kolam renang Kalitaman menjadi tempat wisata yang ramai dan menjadi oesaing ari Atlantic Dreamland.

4. Desa Wisata Tingkir Lor

Desa Tingkir merupakan salah satu desa yang bersejarah, karena disinilah dahulu tempat tinggal Jaka Tingkir, seorang pemuda yang dikemudian hari menjadi Sultan di Kasultanan Pajang. Desa wisata Tingkir ini baru diresmikan pada tahun 2014 sehingga masih tergolong baru dan masih perlu banyak pengembangan. Di desa wisata ini ada dapat berbelanja produk konveksi seperti baju, kemeja dll dengan harga yang murah. Selain itu tersedia juga bermacam-macam oleh-oleh khas Salatiga. Selain wisata belanja anda juga dapat menyaksikan atraksi kesenian daerah yaitu Drumblek. Drumblek ini adalah pertunjukan yang sangat unik, yaitu mirip dengan drumband namun alat yang digunakan adalah dari blek atau kaleng bekas.

5. Cagar Budaya Prasasti Plumpungan

Prasasti Plumpungan merupakan sebuah prasasti atau batu tulis yang bertuliskan kalimat dengan huruf jawa kuno berbahasa sansekerta yaitu "Shir Astu Swasti Prajabyah" yang artinya kurang lebih Semoga selamat dan sejahtera rakyat sekalian. Dengan aanya prasasti ini maka dijadikan sebagai bukti keberadaan Kota Salatiga pada masa itu. Melihat pentingnya penemuan prasai ini a=maka kemudian dibuatlah Cagar Budaya Prasasti Plumpungan. Rencananya di lokasi ini kan dikembangkan wisata sejarah dengan luas sekitar 2.765 meter persegi. Selain prasasti, di daerah sekitar Plumpungan juga dikenal sebagai sentra penghasil batik Plumpungan. Oleh karena itu di dukuh ini terdapat pula Wisata Membatik Batik Plumpungan. Lokasi Cagar Budaya Prasasti Plumpungan ini adalah di Jl. Batu Tulis, Kelurahan Kauman Kidul, Kecamatan Sidorejo Salatiga.

6. Wisata Budaya

Kota Salatiga juga dikenal dengan adanya beberapa event budaya yang sampai sekarang masih dilestarikan. Beberapa event budaya yang ada di Salatiga misalnya Wisata Budaya Suran Ki Hajar Sampurno yang dilaksanakan setiap 1 Suro, Wisata Budaya Saparan, Wisata Budaya Tirakatan Hari Jadi setiap tanggal 23 Juli dan juga Wisata Budaya Kirab Budaya Hari Jadi pada 24 Juli.




7.  Wisata Belanja Kue Kering UMKM "Saga"

Belum lengkap rasanya kalau berkunjung ke Kota Salatiga namun tidak memberi oleh-oleh khas Salatiga. Banyak sekali makanan kecil yang merupakan khas dari Kota Salatiga. Untuk mendapatkan berbagai macam makanan ringan ini anda dapat mendapatkannya di Saga Salatiga. Saga merupakan sebuah wisata belanja yang menyediakan berbagai macam makanan khas Salatiga yang berada di Jalan Fatmawati Kota Salatiga. Saga sendiri merupakan singkatan dari Snack Salatiga. Makanan yang disediakan di Saga misalnya kripik paru, kecap,dendeng, abon dll







8.  Wisata kuliner

Selain mencicipi makanan ringan khas Salatiga anda juga wajib merasakan berbagai macam kuliner yang ada di Kota Salatiga. Untuk makanan khas Salatiga dapat anda dapatkan salah satunya di malam hari di sepanjang Jalan Jendral Soedirman. Makanan khas Salatiga yang selalu diburu pengunjung adalah wedang ronde dan sate kambing. Selain Jalan Jendral Sudirman, lokasi lain yang menjadi sentra kuliner adalah di Jalan Fatmawati. Di sini anda dapat menikmati sajian kuliner dalam suasana yang hangat dan menyenangkan. Untuk kuliner ronde, anda dapat mencoba warung ronde Mak Pari dan juga Ronde Jago, dijamin mak nyus.

Demikian tadi 8 Tempat Wisata di Kota Salatiga yang Paling Menarik semoga dapat membantu memberikan informasi kepada anda yang berniat mengeksplore lebih lanjut pariwisata di Kota Salatiga. Selain 8 tempat wisata diatas, sebenarnya Kota Slaatiga juga sering dikaitkan dengan beberapa lokasi wisata yang terdapat di sekitar Kota Salatiga. Tempat-tempat wisata ini sebenarnya secara administratif masuk ke wilayah Kabupaten Semarang, namun karena lokasinya yang lebih dekat dengan Kota Salatiga, maka tak jarang yang menganggapnya sebagai tempat wsiata di Salatiga. Tempat wisata yang terdapat di sekitar Salatiga misalnya Kawasan wisata Kopeng, Pendakian Gunung Merbabu, Rawa Pening, Gunung Telomoyo dan juga Kawasan Wisata Bandungan. Oleh karena itu jika anda berkunjung ke Kota Salatiga tak ada salahnya jika anda juga mengunjungi beberapa tempat wsiata di sekitar Salatiga diatas.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 8 Tempat Wisata di Kota Salatiga Paling Menarik Dikunjungi